Minggu, 01 Februari 2009

SMAN 1 Payakumbuh akan Berstandar Internasional

SMA Negeri 1 Payakumbuh merupakan SMA tertua yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sekolah ini didirikan tanggal 15 September 1955. Kini sekolah tertua di kota Gulamai ini siap menjelma menjadi Sekolah Berstandar Internasional.

Menurut Kepala SMA 1 Payakumbuh, Sutan Sulaiman SPd, pada tahun 1974 sekolah ini dulunya pernah berlokasi di SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) Bukit Sitabur dengan nama SMA Negeri 1 Payakumbuh/SMPP. Selanjutnya tahun 1977, SMA Negeri 1 Payakumbuh mendapatkan lokasi yang ideal, tepatnya di Tiakar Payobasung sampai sekarang.

Dalam rentang sejarah yang relatif panjang ini, tercatat beberapa tenaga pernah memimpin sekolah ini. Di antaranya Bustami Dt Bijo Angso (1988), Hilmi K, BA (1996). Sebagai sekolah unggulan, SMA Negeri 1 Payakumbuh mulai mengukir prestasi belajar di berbagai bidang studi hampir setiap tahun di Sumatera Barat. Begitu juga di bidang ekstrakurikuler seperti Olah raga, kesenian dan kegiatan lain sehingga SMA Negeri 1 Payakumbuh sangat diperhitungkan di Provinsi Sumatera Barat.

SMA Negeri 1 Payakumbuh juga mendapat prestasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan dengan Program Kelas Percepatan Belajar Akselerasi yang didasari dari SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh No.17930/108.34/MN/2005 tertanggal 20 Juni 2005. Keberhasilan tersebut ditambah lagi dengan keluarnya Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen Departemen Pendidikan Nasional No. 69/C4/MN/2007, tertanggal 18 Juli 2007.

Dalam surat itu, SMA Negeri 1 Payakumbuh dipercaya sebagai Sekolah Penyelenggara Program Rintisan SMA Bertaraf Internasional (SMA- RSBI), dan merupakan satu–satunya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dari 6 (enam) Sekolah setingkat SLTA se-Sumatera Barat, yang ditunjuk sebagai Sekolah RSBI. Keenam sekolah tersebut adalah SMA Negeri 1 Padang, SMA Negeri 10 Padang, SMA Negeri 1 Padangpanjang, SMA Negeri 1 Bukittinggi, SMA Negeri 1 Payakumbuh dan SMA Negeri 1 Lubuksikaping.

Menurut Sutan Sulaiman, sesuai dengan kesepakatan pendirian dulu, SMA Negeri 1 Payakumbuh, para almamaternya orang-orang yang mau sukses mempunyai visi, kreatif, disiplin, berwawasan nasional, berjiwa agama kompetitif secara nasional maupun internasional untuk unggul dalam prestasi.

Sarana Pendukung

Sarana dan prasarana sekolah merupakan diprioritaskan dalam memacu kualitas sekolah unggul ini. Menyadari kondisi ini, SMA 1 Payakumbuh telah memenuhi kondisi tersebut. Setidaknya sekolah kebanggaan masyarakat Luhak Nan bungsu ini memiliki sederetan sarana pendukung seperti lokal belajar yang lengkap serta laboratorium yang memenuhi standar.

Selain sarana fisik di atas, sekolah ini pun memiliki tenaga pengajar di SMA sebanyak 108 orang dari bidang studi. Para guru tersebut umumnya merupakan tamatan Strata Satu (S-1) dan beberapa orang Sarjana Muda. Untuk lebih mempertinggi kualitas dan wawasan guru, salah seorang guru sedang melanjutkan pendidikannya S3 di salah satu perguruan tinggi di Malaysia. Selain itu, tiga orang sedang mengikuti program pendidikan S-2. (jonres marianto)

Tidak ada komentar: